0
Dikirim pada 04 Desember 2010 di Resensi Buku

Tentunya semua orang menginginkan keamanan dalam kediamannya atau dengan kata lain Rumah Sehat. Sekarang telah digaungkan Rumah Mungil Yang Sehat oleh seluruh Keluarga Indonesia demi menjamin keberlangsungan hidupnya. Jadi, berikut sedikit aspek yang harus diperhatikan dalam menciptakan rumah Sehat Anda.

1. Sirkulasi Udara

Ventilasi yang dimaksud berupa bukaan-bukaan dalam rumah, seperti jendela, lubang angin, pintu, serta lubang di atap dan plafon. Rekomendasi dari Ir Sukendro S. P, dari Nataneka Architects mengemukakan bahwa tempatkan jendela rumah dengan posisi saling berhadapan (cross ventilation) agar angin dapat mengalir bebas ke seluruh ruangan. Dengan begitu udara akan masuk dari satu sisi dan keluar dari sisi seberangnya, begitu pun dengan kondisi sebaliknya.

2. Pencahayaan

Rekomendasi WHO untuk kebutuhan cahaya alami dalam rumah yang memenuhi standar kesehatan adalah 60 – 120 Lux.

3. Air Bersih

Kebutuhan air bersih setiap orang dalam rumah yaitu sekitar 60 liter per hari, yang kualitasnya sesuai dengan Permenkes 416 tahun 1990 dan Kepmenkes 907 tahun 2002

4. Manajemen Limbah Rumah Tangga

Pengelolaan limbah rumah tangga dapat dilakukan dengan membuat saluran air kotor dan bak peresapan. Ketentuan pengelolaan yaitu limbah tidak mencemari sumber air, tidak menimbulkan bau, dan tidak mencemari permukaan tanah.

Dengan mengikuti rekomendasi 4 poin di atas, maka Anda sudah menciptakan Rumah Mungil yang Sehat Anda. Dan dalam tulisan ini tak lupa untuk mendukung Blogger Indonesia Siap Bersaing di SERP



Dikirim pada 04 Desember 2010 di Resensi Buku
comments powered by Disqus


connect with ABATASA